PERSATUAN ALUMNI INDONESIA THAILAND BERKUNJUNG KE UIN SUMUT

(Medan, 31 Agustus 2023) Persatuan Alumni Indonesia Thailand (PERSAIT) melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Jalan Pancing Medan, guna melakukan penjajakan kerjasama di bidang pendidikan.

Kepala Pusat Layanan Internasional (Kapuslain) UIN SU Prof Dr Ansari Yamamah, MA kepada media menyampaikan, bahwa dalam kunjungan ini salah satu yang dibahas terkait peluang kerjasama di bidang pendidikan antara UIN SU dan Dinas Pendidikan Thailand.

“Tentunya kunjungan ini sangat penting bagi UIN SU, apalagi Thailand khususnya wilayah selatan sangat dekat dengan UIN SU, benang merah sejarah inilah coba kita hidupkan kembali,” ujar Prof Ansari, Kamis (31/8/2023) di ruang kerjanya.

Lebih jauh disampaikan peneliti aktif UIN SU ini, bahwa masuknya calon mahasiswa luar negeri, ini membuktikan bahwa UIN SU siap untuk go internasional, mengingat UIN SU (IAIN SU-dahulunya) menjadi salah satu tujuan bagi calon mahasiswa Thailand dan negara lainnya, sebagai tujuan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kita masih ingat dahulu berapa banyak mahasiswa luar negeri, khususnya dari Malaysia dan Thailand Selatan yang belajar ke IAIN (UIN SU-sekarang) yang menyebar di beberapa fakultas, seperti Dakwah, Tarbiyah, Syariah dan Ushuluddin. Karena rumpun pendidikan keislaman kita sangat baik, memberi minat yang tinggi sehingga mereka datang dan belajar di sini”, tambah Founder Islam Transitif ini.

Atas dasar itulah, lanjut Prof Ansari, kedatangan utusan dari Thailand ini, mencoba menjajaki peluang kerjasama yang ada, dan untuk bisa dikomunikasikan dengan Dinas Pendidikan Thailand.

“Alhamdulillah respons pimpinan UIN SU, mulai Rektor hingga pejabat utama rektorat menyambut baik rencana kerjasama ini, dan segera melakukan kajian intensif terkait permintaan yang disampaikan Amina Chuma, P. Pd, MM selaku wakil Presiden PERSAIT dan Halimah Mauseng, BA dari Thailand,” sambung Datuk Pandya Wangsa.

Amina Chuma selaku Wakil Presiden Persatuan Alumni Indonesia Thailand berharap agar UIN SU bisa berkunjung ke wilayah Thailand dan melakukan dialog dengan pimpinan sekolah-sekolah yang ada di Thailand, agar bisa secepatnya merealisasikan kerjasama bidang pendidikan ini.

“Kami berharap rencana kerjasama pendidikan antara UIN SU dan Thailand bisa direalisasikan secepatnya, dan anak-anak Thailand bisa melanjutkan studinya di UIN SU,” ujar Amina berharap.

Dalam kunjungan Wakil Presiden PERSAIT ke UIN SU, diterima langsung Rektor Prof Dr Hj Nurhayati, MAg didampingi Wakil Rektor I, Wakil Rektor II dan Wakil Rektor IV dan Kepala Puslain UIN SU bersama staf lainnya.