Dalam rangka memperkuat visi Smart Islamic University,UIN Sumut melaksanakan penandatanganan MOU dengan Universitas Malaya di Kuala Lumpur

Dalam rangka memperkuat visi Smart Islamic University, UIN Sumut pada hari Kamis tgl 30 Mei 2024 telah melaksanakan penandatanganan MOU dengan Universitas Malaya, di Kuala Lumpur. Penandatanganan MOU ini menjadi sangat penting bagi UIN Sumut dan juga Universitas Malaya dalam rangka membangun networking secara kolaboratif untuk penguatan tri darma perguruan tinggi.
Hal hal penting yang dimuat di dalam MOU tersebut antara lain : program penelitian bersama yang nantinya akan direalisasikan oleh Pascasarjana UIN Sumut bersama akademik pengkajian Islam UM terkait perkembangan kajian keislaman (Islamic studies) baik dalam kajian sosiologi hukum Islam, maupun Kependidikan dan pengajaran.
Setelah penandatanganan MOU, langsung diikuti dengan Memorandum of Agreement ( MoA) antara Pascasarjana UIN Sumut dengan APIUM, yang juga secara langsung melaksanakan focus group discussion dalam bentuk seminar internasional tentang perkembangan studi Islam di Perguruan tinggi Islam Indonesia dan Malaysia, pada hari Jum’at tgl 31Mei 2024.
MOU juga menyepakati akan adanya pengiriman dosen antara kedua universitas yang akan dilaksanakan pada bulan September 2024 berkenaan dengan tahun ajaran baru 2024/2025.
Universitas Malaya juga akan mengundang para Guru Besar UIN Sumut sebagai penguji eksternal untuk program doktor, dan demikian sebaliknya Pascasarjana UIN Sumut akan mengundang profesor dari UM untuk menguji pada program doktor Pascasarjana UIN Sumut.
Hal lain yang juga juga disepakati terkait dengan mobility student atau pertukaran mahasiswa baik dalam bentuk pengabdian masyarakat maupun dalam bentuk course study di kedua universitas.
Dalam sambutannya, Vice Cancellor universitas Malaya menyampaikan bahwa UM, Prof. Dato’ Seri Ir. Dr. Noor Azuan Abu Osman , merasa sangat senang dan berjanji akan merealisasikan apa apa yang telah disepakati dalam MOU tersebut.
Vice Cancellor UM juga menyampaikan bahwa UM dan UIN Sumut tentu akan mudah bekerjasama karena antara kedua universitas memiliki karakter yang visi yang sama, ditambah lagi kedua bangsa memiliki ikatan sosial budaya yang dekat dan kuat.
Rektor UIN Sumut Prof. Nurhayati menyampaikan terima kasih yang mendalam dan penuh kebahagiaan dengan penyambutan yang sangat antusias dari vice cancellor dan civitas akademika UM. Rektor juga menyampaikan bahwa saatnya kedua universitas untuk terlibat langsung untuk ikut serta membangun peradaban di kawasan Asia tenggara. Membangun peradaban bukanlah hal yang mudah, akan tetapi ia akan menjadi ringan dengan adanya kerjasama antara kedua universitas. Rektor juga menyampaikan rasa bangga bisa menjalin kerjasama dengan universitas Malaya.
Hadir juga dalam kegiatan penandatanganan MOU tersebut dari pihak UM antara lain, Prof. Dr. Yvonne Lim Ai Lian wakil Vice Cancellor bidang akademik dan hubungan internasional, Prof. Dr. Mohd. Fauzi bin Hamat, Dekan APIUM, Prof. Dr. Roslan Mohd Noor ketua kajian sejarah dan Peradaban, Nina Norizan manager kerjasama, dll.
Sedangkan dari UIN Sumut adalah Prof. Dr. Muzakkir, M. Ag selaku Wakil Rektor IV bidang kerjasama dan pengembangan lembaga, Drs. Ibnu Sakdan, M. Pd kepala biro, Ansari Yamamah kepala internasional office UIN Sumut, dan Sri Cahyani